Kuil Todaiji – Wisata Religi Umat Buddha Yang Megah Di Nara

Kuil Todaiji merupakan kuil Buddha terbesar yang ada di Kota Nara, Prefektur Nara. Saat ini, Todaiji yang termasuk dalam situs warisan dunia menurut UNESCO jadi objek wisata terfavorit di Kota Nara. Todaiji sendiri memiliki arti yaitu Kuil besar yang ada di Timur dan di bangun sejak tahun 743 pada masa puncak kejayaan Buddha di Jepang. Nara jadi ibukota Jepang dengan pusat pengajaran serta penyebaran agama Buddha kala itu.

Kuil-Todaiji-Wisata-Religi-Umat-Buddha-Yang-Megah-Di-Nara

Anda dapat melihat bagaimana orang-orang Jepang membangun kuil ini kala itu. Area kuil semuanya mempunyai radius yang sama yaitu 1 kilometer ke utara, barat, selatan serta timur dari Patung Buddha Daibutsu. Yang mana jadi pusat dari Kuil Todaiji. Tidak hanya patung Daibutsu, terdapat banyak patung Buddha yang ada di dalam bangunan Daibutsu-den dan kini jadi aset sejarah yang berharga. Jika berlibur KELILING DUNIA, jangan lupa untuk berkunjung ke Kuil di Nara ini.

Menikmati Festival Omizutori

Festival Omizutori biasanya di adakan di Kuil Todaiji, Nara dan di mulai pada awal Bulan Maret selama dua minggu. Hal yang menjadi daya tarik utama dari festival ini yaitu penyalaan obor raksasa (Otaimatsu) dengan tinggi kurang lebih 8 meter. Saking besarnya, sehingga membuat cahaya dari apinya dapat menerangi kawasan Kuil Todaiji. Obor- obor raksasa ini di yakini bisa menerangi kehidupan selama satu tahun ke depan.

Baca Juga : Gunung Oyama – Wisata Alam Menarik Yang Wajib Dikunjungi

Lalu Omizutori merupakan sebuah ritual untuk mengambil air suci dari mata air yang berada di bawah Kuil Todaiji. Para pendeta juga melakukannya pada hari ke 12 serta hari 13 festival. Air ini lalu di bagi-bagikan pada para pengunjung serta di percaya bisa menyembuhkan penyakit. Nama ritual pengambilan air suci ini lalu jadi nama Festival Matsuri di Todaiji.

Akses Ke Wisata Kuil Todaiji

Kuil-Todaiji-Wisata-Religi-Umat-Buddha-Yang-Megah

Akses untuk menuju lokasi wisata ini bisa melalui 2 kota yaitu sebagai berikut :

Naik kereta dari Kyoto

Jika anda dari Stasiun Kyoto maka bisa menggunakan kereta Miyakoji hingga ke Stasiun Nara. Lama perjalanan yaitu sekitar 45 menit, dengan harga tiketnya yaitu 710 yen (gratis jika memakai JR Pass). Dari stasiun Nara, anda dapat menggunakan bus nomor #1, #2, ataupun #6 hingga tiba di Kuil Todaiji. Atau bisa dengan berjalan kaki selama 20-30 menit.

Naik kereta dari Osaka

Lalu jika anda dari Stasiun Osaka, maka bisa menggunakan kereta Yamatoji hingga ke Stasiun Nara. Lama perjalanan yaitu sekitar 45 menit, dengan harga tiket sebesar 800 yen (gratis jika memakai JR Pass). Kereta Yamatoji nantinya akan berhenti sebentar pada Stasiun Tennoji. Saat tiba di Stasiun Nara, anda dapat menggunakan bus atau berjalan kaki selama 20-30 menit hingga tiba di Kuil Todaiji. Biaya masuknya sebesar 500 yen untuk pelajar SMP ke atas sementara 300 yen untuk pelajar SD ke bawah friendsoflimekilnsociety.org.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *